OASEkplorasi 2017: JURNAL HARI SELASA

DAY 2.
HARI SELASA
THE SNORKLEING
(31/10)
JAM 3:30 kita bangun, pertama dhifie, kedua husayn terakhir aku, kita mandi terus JAM 3:45 kita sarapan, makan ketoprak. JAM 6:30 kita kumpul di rPetra, mau ketemu sama kakak mentor dan teman-teman untuk persiapan ke pulau kayuangin bira. JAM 7:12 setelah pada ngumpul dan ambil barang-barang yang diperlukan, kita naik kapal, mesin kapalnya nyalah, dan berangkat ke Pulau kayuangin bira, kapalnya kecil, kapal mancing, mesinnya sangat berisik, suasana sangant panas, aku bisa rasa kapalnya goyang-goyang karena ombak. JAM 7:45 kita telah sampai pulau kayuangin-bira, pulaunya kecil, tapi sampahnya banyak, setelah breifing dan mebikin group 2 orang per-karung, aku merasa kecewa karena aku nggak dapat partner, setelah mebikin group, kita bersih-bersih pulau, sampe JAM 9:12, kita selesai bersih-bersih pulau, kita photo-photo dengan sampah yang di kumpulkan, breifing lagi terus JAM 9:22, kita belajar tentang penyu, ternyata, pulau ini adalah tempat bertelor, jadinya harus bersih biar penyu bisa mau bertelur disini, setelah semua itu, kita berangkat ke area snorkling, JAM 9:45 kita sampe area snorkling, airnya jernih, dan ada banyak terumpu karang, instruktur kita ajarin kita tentang ecosystem area ini, terus kita snorkleing, sampe JAM 11:09, kita senang abis snorkling, kita disuruh naik ke kapal, mau pergi lagi, aku bingung, mau kemana, katanya, kita mau ke pulau perak untuk makan siang. JAM 11:30, kita sampe pulau perak, pulaunya kecil, pasirnya putih dan indah, ada tempat jajanan, di meja dekat tempat jajanan itu ada meja, kita membawa makanan dari kapal ke meja, makanannya ikan, nasi dan teh, setelah aku selesai makan JAM 11:40, setelah makan, aku ikut main pasir dengan teman-teman, airnya dingin dan pasirnya putih, ada banyak suara ketawa-ketiwi dan air cebar-cebur. 4:15, setelah main pasir, kita pulang, kita merasa capek.  4:50, kita sampe di pulau harapan, ada yang tidur di kapal karena capek, pas kita turun dan kumpulin tas dan barang-barang bawaan, kita photo rame-rame, setelah photo kita pada balik ke rumah inang. 5:52 kita jalan-jalan untuk sebetar, untuk menyari narsum untuk output. JAM 17:10, kita balik ke rumah inang setelah sholat maghrib di masjid terus kita makan malam. 45, Aza dan Ziel datang kerumah, kita duduk di teras depan terus menulis logbook bareng, Aza dan Ziel pergi 19:59, sudah waktunya ketemu kakak mentor jadinya mereka balik, terus kakak mentor kami, Kak Andit datang right on time. 1:09 Kak Andit balik ke homestay, terus kita mandi, terus fokus ke menulis jurnal/logbook. JAM 22:19, aku ketiduran di lantai nulis jurnal.