OASEkplorasi JURNAL: HARI RABU

DAY 3
HARI RABU

(1/11)

JAM 2:09 aku bangun, terus naik ke atas kasur, tidur lagi. JAM 5:09, aku bangun, masih nantuk banget, tapi matahari sudah keluar, jadinya aku bangunin husayn dan dhifie untuk mandi, setelah bersih-bersih dan sarapan. JAM 7:10 aku, husayn, dhifie pak saud dan anaknya berangkat ke kapalnya pak saud untuk melaut, kita sampe ke kapal pak Saud JAM 7:27, kita naik kapalnya terus kita berangkat, aku bisa lihat air yang biru, jernih dan berkilau, dengar mesin bekerja keras, ombaknya lebih kuat daripada kemarin, kapanya goyang-goyang melulu, sampe husayn mabuk laut, setelah kita bolak-balik mancing-mancing mendapatkan banyak ikan, JAM 9:43 kita ke area yang banyak terumpu karang, untuk mancing cumi-cumi dan berenang, aku lihat airnya, jernih, berkilau dan biru, ada dikit ikannya dan terumpu karangnya banyak, kita lompat ke dalam, arinya merasa menyegarkan dan dingin, kita selesai berenang JAM 10:30 kita selesai berenang, merasa segar dan senang, kita pulang ke rumah keluarga inang, JAM 10:40 kita sampe rumah keluarga inang, mandi, sholat, makan dan istirahat sebentar. JAM 13:05 Aku keluar duluan, duduk di saung di dermaga untuk menulis jurnal, suasananya pas untuk menulis, ada banyak angin adem, pandangan yang indah dan suara yang tidak terlalu berisik, aku merasa relax, jadinya aku lebih enak rasanya menulis, tidak lama aku menulis, aku bisa lihat husayn nyusul, kita bareng-bareng menulis jurnal/logbook. JAM 13:12 Aza datang, membawa 2 anak untuk husayn wawancarai, setelah itu, aza ikut nongkrong. JAM 13:15 Abel datang dari Taman rpetra yang dekat, dia juga ikut menulis. JAM 13:40 pada ke rpetra, aku masih menulis di saung, sebrapa menit kemudian, mereka balik ke saung, dengan lebih banyak orang.  JAM 14:22, ada banyak orang sekarang jadi berisik, ada kakak mentor juga, tadi ada 6 orang pergi mau lihat penyu tapi masih berisik, jadinya aku cari tempat lain, aku ketemu tempatnya, di depan dermaga ada tempat yang penjual makanan biasanya jualan, ada pohon dan tempat-tempat duduk di situ, aku menulis di situ yang teduh dan indah. JAM 14:26, Husayn dan Naufal ikut aku menulis di tempat itu. JAM 15:33, Abel datang ke tempat menulis, kasih tau aku, Husayn dan Naufal tentang dompetnya abel yang hilang, pas ditanya "Bisa dibantu nggak?" jawabannya "Udah cari dimana-mana, aku cuman mau curhat doang." terus kita bilang "Udah cari kemana?" jawabannya "Di rumah udah, di kamar belum karena terlalu berantakan, di tempat penyu udah." kata abel. "Udah di taman belum?" tanya husayn "Belum sih, aku males dilihatin laki terus." kata abel, jadinya, kita bantuin Abel cari dompet, di taman nggak ada, jadinya kita cari ke tempat konservasi penyu, jalan kesana lewat tempat-tempat pulau yang aku nggak pernah lihat sebelumnya, jalanan kecil dan rumah-rumah sempurna,  kita sampe tempat konservasi penyu JAM 16:04 Disini ternyata juga nggak ada! Jadinya kita balik ke dermaga, katanya abel "Entar cari dikamar.". JAM 17:55 Ajan magrib, sudah waktunya balik kerumah keluarga inang, kita pamit, akan tetemu lagi besok, terus kita ke masjid untuk sholat maghrib, setelah sholat kita balik kerumah terus istirahat, JAM 18:15 kita makan malam, kita makan ikan yang kita tangkap dan cumi-cumi yang kita juga tangkap, makanannya enak, abis makan kita ngobrol-ngobrol dikamar, tentang mimpi, ikan dan lain-lainnya. JAM 19:29, kita dikasih tau sama Kaysan, Yudhis, Aza dan zikri Ziel, kalau jam 21:00 kita mau ketemuan di homestay kakak-kakak mentor. JAM 20:17 kita datang dirumah kakak mentor, dan ketemu ceca photo photo, aku lihat ke arah dermaga, aku bisa lihat taman Rptra di sebrang air, cahaya dari lampu jalanan disana membikin airnya berkilau dengan warna-warna kuning dan oranye, aku melihat ke jembatan untuk ke Dermaga dan Taman Rptra, jembatan ke rptra gelap dan hanya ada cahaya jalanan oranye, kadang-kadang aku bisa lihat siluet orang naik motor lewat jembatan, yang lain datang. JAM 21:13, kita dibolehin masik homestay mentor, terus ada acara menulis hal-hal bari yang kita lihat and mengalami. JAM 22:00, acara selesai, kita balik ke rumah keluarga inang, sampe sana, kita menulis logbook, husayn tidur duluan, aku dan dhifie ngobrol sampe JAM 00:03, pas kita sadar kalau sudah jam dua-belas, kita tidur.